Digelontor Rp 17 M, Rumpat Lapangan Citarum Diganti Rumput Sintetis Standar FIFA

Lapangan Citarum Semarang.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Penataan Ruang Kota Semarang akan melakukan pembangunan Lapangan Stadion Citarum. Drainase dan penggantian rumput lapangan jadi fokus utamanya.

Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, Irwansyah mengatakan perbaikan drainase dilakukan karena lapangan stadion citarum kerap tergenang banjir.

Rumput lapangan pun akan diganti dan menggunakan rumput sintetis dengan standar FIFA. Rumput sintetis ini, juga spesifikasi untuk outdoor, sehingga tak perlu peneduh.

“Pembangunan ditargetkan akan selesai tahun ini. Dalam lelang nanti, kami akan mencari pihak ketiga yang yang sudah berpengalaman dan punya referensi soal pembangunan lapangan sepak bola dengan rumput sintetis. Total anggarannya Rp 17 miliar”, ujarnya.

Irwansyah menjelaskan, alasan teknis pergantian rumput dari rumput hidup ke rumput sintetis karena di Stadion Citarum, pertumbuhan rumput kurang bisa tertata dengan baik karena tingginya kadar garam pada air dan tanah.

Selain itu, Pemkot Semarang ingin agar Stadion Citarum lebih nyaman ketika digunakan untuk bermain sepak bola.

“Kami juga ingin membiasakan para pemain sepak bola di Semarang dengan rumput sintetis, agar ketika ada laga yang menggunakan rumput sintetis dalam kompetisi sepak bola, pemain tidak kaget. Apalagi perkembangan ke depan rumput sintetis menjadi pilihan dalam pembangunan lapangan,” imbuhnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here