Dandim Cup Kedua di Demak Diikuti Ratusan Atlet Panahan

Atlet panahan peserta Dandim Cup sedang bertanding. ( foto sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Demak –  Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto bersama Wakil Bupati Demak Drs.Djoko Sutanto, membuka kejuaraan panahan bertajuk Kejuaraan Panahan Terbuka Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Stadion Pancasila Demak, Jumat siang (6/9/2019). Kegiatan yang diikuti 540 atlit dari seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah tersebut berlangsung semarak. Para Archery –sebutan para pemanah ini–  terlihat bersemangat meski terik matahari membakar Demak. Tidak terlihat mengendur semangat para Archery ini, mulai dari anak-anak hingga para remaja tetap bersemangat menarik busurnya membidik sasaran. 

Komandan Kodim Demak,  Letkol Infantri Abi Kusnianto menuturkan,  kejuaraan memanah yang sudah kedua kalinya  digelar di Kabupaten Demak ini,  digelar dalam rangka untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. “Peserta dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori anak-anak dan pelajar serta kategori dewasa,” jelas Dandim.

Selanjutnya Dandim menyampaikan, tujuan perlombaan ini adalah untuk membangkitkan minat pelajar terhadap olahraga khususnya panahan. Menurutnya, event ini juga disiapkan untuk mencari atlet panahan yang handal. 

“Bahkan untuk penjurian pihak panitia melibatkan Perpani Jateng,” imbuh Dandim.

Ditambahkan oleh Abi, bahwa kejuaraan panahan ini merupakan sarana pengembangan prestasi dan tolak ukur untuk menilai perkembangan teknik-teknik karena memanah bukanlah suatu jenis olahraga yang mudah dipelajari dalam waktu singkat. Akan tetapi perlu waktu untuk dapat menguasainya dengan benar. Penguasaan teknik yang benar adalah salah satu kunci untuk menunjang tercapainya prestasi yang maksimal.

“Untuk hasil yang maksimal butuh kesabaran, kepiawaian dan keuletan.Oleh karenanya seseorang yang apabila hendak belajar memanah maka terlebih dahulu pelajari tentang sikap memanah,” imbuh Dandim.

Panahan juga merupakan olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, sportifitas dan saling menghormati satu sama lain, serta memerlukan kelihaian memanfaatkan angin sebagai media, sehingga melalui perlombaan ini diharapkan lebih meningkatkan semangat pelajar berbagai tingkat sekolah untuk menekuni olahraga ini.Kompetisi panahan seperti ini harus rutin diadakan agar skill dan kemampuan para atlet panahan Indonesia bisa terasah. Yang paling penting bisa memotivasi dan mendorong semua atlet panahan, baik yang masih yunior maupun senior, agar prestasi panahan kita lebih baik lagi.

Kejuaraan panahan Dandim Cup Archery Competition ke 2 tahun 2019 kali ini terdiri dari kategori siswa SD, SMP dan SMA/Umum dan Bare Bow dengan jarak 10 meter, serta kategori Dewasa Bare bow dengan jarak 20 meter. (rr) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here