Cuaca Ekstrem, Akibatkan Delay Sejumlah Penerbangan di Semarang

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang

SIGIJATENG.ID, Semarang – Cuaca ekstrem yang kerap terjadi di Kota Semarang berpengaruh terhadap lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Manajer Operasional Airnav Semarang, Kelik Widjanarko mengatakan, akibat cuaca ekstrem tersebut membuat sejumlah maskapai penerbangan mengalami keterlambatan saat hendak mendarat maupun penerbangan.

“Hampir semua maskapai mengalami delay saat ini. Waktunya pun bervariasi. Ada yang 10 menit. Terdapat juga yang delay paling parah 45 menit,” ujarnya, Senin (21/1/2109).

Kelik mencatat, selama rentang waktu 1 Januari sampai 20 Januari kemarin, frekuensi keterlambatan penerbangan (delay) melonjak drastis ketimbang kondisi bulan sebelumnya. Setidaknya ada kurang lebih 20 maskapai yang delay selama bulan ini.

Dia menjelaskan, kondisi delay karena cuaca buruk. Pesawat terpaksa berputar-putar dahulu diatas langit Semarang. Jika dirasa hujannya sudah mereda, pesawat akan mendarat ke Bandara. Tetapi tidak sedikit pula pilotnya memilih mengcancel penerbangan baik dari Jakarta maupun daerah lain yang menuju Semarang karena cuaca.

‘Untuk menyiasatinya, kami rutin berkolaborasi dengan BMKG untuk terus memperbaharui informasi perubahan cuaca kepada para pilot pesawat,” ucapnya. (Dian/Rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here