Computer Eror, 81 Pendaftar Panwascam Gagal Ujian

ILUSTRASI

SIGIJATENG.ID, Sragen –  Sebanyak 80 peserta ujian tes Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sragen hari ini gagal melaksanakan tes karena server eror. Salah seorang peserta Agung Widodo dari kecamatan Ngrampal Sragen mengungkapkan, tes sesi pertama pukul 08.00 lancar, namun saat akan dimulai sesi dua pukul 10.00 peserta tidak bisa login.

Tak pelak, para peserta ujian tes Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Sragen kesal mereka gagal melaksanakan ujian dengan sistem Computer Asited Test (CAT). Hal ini disebabkan sistem dari Bawaslu Pusat mengalami masalah. Agung Widodo mengakui ada masalah di komputernya yakni tidak bisa online untuk peserta tes sesi ke dua Pukul 10.00- 11.30WIB. Sejumlah 80 peserta yang terbagi empat kelas itu juga harus menunggu sejam karena sistem sedang dibenahi dari pusat, namun tetap saja tidak bisa. Akhirnya Bawaslu Kabupaten Sragen menunda pelaksanaan ujian ini.”Sepertinya dilaksanakan besok sekaligus tes wawancara. Menurut saya panitia pusat kurang profesional saja. Kalau Bawaslu sini memang tidak bisa apa-apa karena sistem pusat,” katanya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu bidang Organisasi dan SDM Edy Suprapto mengatakan, tes Panwascam untuk 231 peserta dibagi tiga sesi setiap sesi 4 kelas setia kelas 80 orang sisannya terakhir. Menurut Edy, tes pertama pukul 08.00-09.30 berjalan lancar, namun untuk sesi kedua mengalami kendala peserta tidak bisa login.”Masalahnya memang sesi pertama lancar, sesi ke dua server tidak bisa login. Artinya akan dijadwalkan ulang untuk sesi ke dua. Ada 80 orang yang harusnya jam 10 sampai setengah 12,” jelasnya.

Edy Suprapto membeberkan, untuk materi tes masalah regulasi teknis penyelanggaraan pemilu dan muatan lokal dan regulasi lainya. Setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 100 soal. Setelah tes tertulis ini akan dilanjut tes wawancara besuk pagi. Ketua Bawaslu Dwi Budi Prasetyo mengatakan, tes wawancara akan dilakukan sesuai jadwal. Sementara untuk peserta yang gagal tes tertulis dijadwalkan hari senin pekan depan. (santo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini