Bupati Mirna Kampanye Gemar Makan Ikan Pada Anak-anak, Ini Tujuannya

Bupati Mirna Annisa saat kampanye gemar makan ikan pada anak-anak yang diselenggarakan Dinas Perikanan dan Kelautan Kendal, Rabu (26/6/2019). (Foto DOK. Dinkominfo Kendal)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Sering mengkonsumsi ikan segar akan membentuk badan yang sehat dan otak cerdas. Terlebih hal itu diterapkan pada anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat penting. Dengan hal itu, pemerintah Kabupaten Kendal terus berupaya mengkampanyekan Gerakan Makan Ikan atau Gemarikan pada anak-anak sekolah.

Bupati dr. Mirna Annisa, M.Si mengharapkan agar kegiatan Gemarikan dilakukan lebih sering lagi mengingat ikan merupakan bahan makanan yang sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak. Dengan mengkonsumsi ikan akan membentuk badan yang sehat dan otak yang cerdas.

“Diharapkan anak-anak mendapatkan asupan makanan berupa ikan yang cukup, sebab adanya omega 3, 6 dan 9 yang dikandung ikan terutama ikan bandeng Kendal yang banyak disukai. Dengan begitu, akan membentuk generasi muda Kabupaten Kendal yang sehat kuat dan cerdas,” katanya saat kampanye gemar makan ikan di Taman Gajah Mada, Kecamatan Kendal, Rabu (26/6/2019).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. Sri Harjito mengatakan, Gerakan Makan Ikan sangat penting dalam mendidik anak makan makanan sehat bagi pertumuhan badan maupun kecerdasan anak sehingga kegiatan ini akan semakin sering dilakukan dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah PAUD, TK maupun Sekolah Dasar.

“Ikan punya protein penting bagi tubuh. Semua bagian ikan punya omega 3 dan 6 yang baik untuk perkembangan otak. Selain itu, kandungan kolesterol dengan lemak tak jenuhnya sangat baik untuk membendung penyakit degeneratif seperti jantung, ginjal dan kangker,” terangnya.

Sementara itu untuk meningkatkan kepedulian dan membuka lapangan kerja di bidang perikanan, Pemkab Kendal menawarkan program magang untuk para siswa SMK baik di Pembibitan Ikan Air Tawar di Boja maupun dengan komunitas petani ikan hias dan ikan lele serta perusahaan perikanan di seputar Kabupaten Kendal.

“Untuk meningkatkan potensi dan industri perikanan di Kabupaten Kendal, menurut rencana Pemerintah daerah nanti akan membuka Kampung Ikan yang akan dilaksanakan di Desa Gondang Kecamatan Limbangan pada 2020 mendatang,” pungkasnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here