Bupati Mirna Berpesan Jaga Kekompakan Dan Tingkatkan Silaturahmi Bangun Kendal Lebih Maju

Bupati dr Mirna Annisa berkesempatan berdialog dengan masyarakat di Kecamatan Kangkung dalam rangka pembinaan karakter kebangsaan serta penyampaian program pembangunan yang sudah berjalan, Selasa (12/11).

SIGIJATENG.ID, KENDAL – Hampir dalam sebulan terakhir ini, Bupati dr Mirna Annisa dan jajarannya bersama sejumlah anggota Forkompimda Kabupaten Kendal melakukan anjangsana ke sejumlah wilayah dalam rangka menjalin silaturahmi serta mengajak masyarakat untuk bisa menjadi agen kebangsaan. 

Seperti yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kangkung, Selasa (12/11). Bersama Kapolres AKBP Hamka Mappaita, Kepala Kesbangpol Kendal Marwoto serta Forkompimcam, memberikan pembinaan karakter kebangsaan terhadap peran RT/RW se Kecamatan Kangkung.

AKBP Hamka Mappaita yang berkesempatan menjadi narasumber pada acara tersebut menyampaikan, berbicara mengenai pilar Kamtibmas. Bahwa RT/RW merupakan pilar yang paling terdepan. Dikatakan jika RT/RW bukanlah sebuah profesi tapi bagian dari pengabdian. 

“Mengapa demikian, sebab apapun yang menjadi permasalahan warga, pasti laporannya kepada Ketua RT/RW. Untuk itu, RT/RW adalah pilar yang paling penting dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berbicara tentang peranan, sebab langsung bersentuhan dengan masyarakat,” kata dia. 

Disebutkan, jika Kecamatan Kangkung merupakan salah satu kecamatan yang paling aman di wilayah Kabupaten Kendal. “Hampir selama satu tahun lebih, saya bertugas di Kendal tidak pernah diberi hadiah yang macam-macam dari masyarakat Kangkung. Pembinaan dari RT/RW yang mengarahkan masyarakatnya untuk menjadi masyarakat yang tertib dan patuh terhadap hukum, maka terwujudnya situasi yang aman dan tentram,” terang Kapolres.

Dirinya berharap, kondisi dan situasi yang demikian itu tetap bisa dipertahankan. RT/RW juga diminta untuk membantu Kepala Desa, Kapolsek, Danramil, Bupati, Dandim dan Kapolres dalam menjaga wilayah. “Sebab sehebat apapun pejabat pemerintahan tanpa adanya RT/RW yang tulus lahir batin untuk tampil di masyarakat pasti tidak ada gunanya,” harapnya.

Sementara itu, saat sesi dialog antara audiensi dengan Bupati Kendal. Beberapa peserta audiensi diantaranya ada yang menanyakan masalah kesejahteraan, persoalan limbah pertanian, pembuatan pakan ternak serta mengenai program pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kendal.

Menanggapi hal itu, Bupati dr Mirna Annisa langsung merespon apa saja yang menjadi unek-unek warga. Terkait dengan kesejahteraan RT/RW, dikatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Kendal berikhtiar untuk kesejahteraan RT/RW. Dimana untuk anggarannya sudah diajukan dan dikirim ke DPRD Kendal.

“Pelatihan membuat pakan ternak, seharusnya bisa masuk di Bumdes setempat, sehingga akan lebih mampu memberdayakan potensi dan masyarakat sekitar. Selanjutnya, untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kendal alhamdulillah tinggal 10 persen. Justru untuk Kecamatan Kangkung selesai pada tahun ini, lebih cepat diatara kecamatan lainnya,” terang Bupati Mirna.

Dirinya berpesan kepada seluruh warga Kecamatan Kangkung, khususnya para Ketua RT/RW agar bisa merawat dan menjaga pembangunannya. “Selain itu menjaga kekompakan keluarga besar untuk saling memberikan manfaat antara satu dengan yang lainnya,” pungkasnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini