Bupati Kendal Kunjungi Lokasi Kebakaran Puluhan Rumah di Singorojo

Warga bergotong royong membersihkan puing-puing sisa abu kebakaran paska kejadian yang menghanguskan puluhan rumah di Dusun Taruman Singorojo Kendal, Kamis (28/2/2019)

SIGIJATENG.ID, Kendal –  Penyebab kebakaran di kawasan rumah padat Singorojo, persisnya di Dusun Taruman Singorjo diduga karena selang kompor gas elpiji. Dalam kejadian itu, terdata sebanyak 35 rumah dan 1 mushola ludes terbakar. Paska kejadian itu, Kamis (22/2/2019) siang ratusan warga dibantu relawan gotong royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran. 

Kejadian itu juga mendapat perhatian Bupati dr Mirna Annisa. Dia dan forkompimda beserta sejumlah pejabat lainnya mengunjungi warga yang rumahnya hangus terbakar, sekaligus memberikan bantuan. 

Mirna mengatakan kejadian ini harus menjadi pelajaran untuk tidak menyepelekan hal yang kecil. Warga juga harus berhati-hati setiap melakukan sesuatu. 


“Kedepan ini menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak untuk tidak meninggalkan rumah dengan kompor masih menyala agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” terangnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksanaan Harian BPBD Kendal, Wiwit Andariyono menyampaikan sejak semalam hingga kini pihaknya sudah memberikan bantuan logistik kepada para warga korban kebakaran.

“Kami juga mendirikan dapur umum di sekitar lokasi kebakaran untuk membantu proses penyaluran makanan kepada para korban,” jelasnya. 

Salah seorang warga, Mahrozin (58) mengaku hanya pasrah melihat puing rumahnya yang hangus terbakar. Dia mengungkapkan saat kejadian, baru saja tiba dirumah usai pulang kerja. 

“Saat itu saya baru pulang bekerja, tahu-tahu sudah terbakar habis,” ujarnya dengan suara lirih melihat sisa puing-puing rumahnya yang hangus terbakar.

Bersama keluarganya, kini ia menumpang berteduh di rumah kakaknya yang lokasinya tak jauh dari rumahnya yang terbakar.

“Untuk sementara menumpang di rumah kakak, kedepannya menunggu musyawarah dari desa langkahnya kedepan seperti apa,” kata dia, Kamis (28/2). 

Berdasarkan keterangan yang didapat, diduga saluran selang pipa gas elpiji bocor, api membakar puluhan rumah di padat pemukiman penduduk di Dusun Taruman Desa Singorojo Kecamatan Singorojo Kendal pada Rabu (27/2) petang lalu. 

Dalam waktu sekitar hampir satu 1/2 jam, 35 rumah dan 1 mushola ludes dan menyisakan puing-puing. 30 personil petugas Damkar dibantu warga berjibaku memadamkan kobaran api. 

Kepala Desa Singorojo, Hadi Prayitno mengatakan kejadian kebakaran itu diduga disebabkan oleh kebocoran selang gas pada kompor dalam salah satu rumah yang terbakar.

Api yang muncul dari kebocoran gas itu langsung menjilat tumpukan padi kering yang berada berdekatan dengan kompor tersebut sehingga api cepat membakar.

“Api muncul dari rumah pak Subari (rumah yang pertama keluar api). Saat itu istirnya tengah memasak. Tiba-tiba api keluar dan menjilat tumpukan padi dan bangunan rumah,” terangnya.

Ia menambahkan ada sebanyak 35 rumah warga dan 1 mushola terbakar akibat kejadian tersebut. “Kini dibantu sejumlah relawan, warga bergotong royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran,” tambahnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here