BNNK Kendal Tetapkan Desa Sumberrejo Pilot Project Desa Bersih Narkoba

BNNK Kendal tetapkan Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu sebagai desa bebas narkoba dan menjadi desa Bersinar dalam puncak peringatan HANI 2019 yang digelar di Gedung Eks Korpri Pemkab Kendal, Rabu (26/6/2019). ( foto dye/sigijateng.id)


SIGIJATENG.ID
, Kendal – Desa Sumberrejo Kecamatan Kaliwungu ditetapkan menjadi desa rujukan pelaksanaan Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Penetapan tersebut dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal.

Tak hanya ditetapkan saja, bahkan Desa Sumberejo bakal menjadi pilot project percontohan bagi ratusan desa lainnya di Kabupaten Kendal, yakni melalui Program Bersinar yang dicanangkan oleh BNNK Kendal.

Penetapan Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu menjadi desa bebas narkoba tersebut dilakukan pada saat Puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang berlangsung di Gedung Eks Korpri Pemkab Kendal, Rabu (26/6/2019).

Kepala BNN Kabupaten Kendal, AKBP Sharlin Tjahaya Frimer mengatakan program Desa Bersinar ini merupakan program untuk mendorong desa-desa melakukan pencegahan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di desa itu sendiri.

“Di Desa Sumberejo, Masyarakat dan perangkat desanya aktif berpartisipasi dalam mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di desanya. Bahkan mereka sampai mengadakan tes urin sendiri untuk warga desanya,” tukasnya.

Sharlin menambahkan bahwa penyalahgunaan narkoba dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai dari pelajar hingga para pejabat dan anggota dewan pun dapat terlibat dalam penyalah gunaan narkoba.

“Tema pada HANI ini sendiri yakni Milenial Sehat Tanpa Nrkoba Menuju Indonesia Emas. Yang  mana dalam hal ini BNN Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berperang melawan narkoba dan menjadikan Kabupaten Kendal,” imbuh dia.

Sementara itu, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si mengatakan narkoba sudah menjadi musuh bagi masyarakat. Penyalahgunaan narkoba dapat merusak masa depan bangsa sehingga pemkab Kendal menyatakan perang melawan narkoba.

“Pada peringatan HANI tahun ini, Pemerintah dan seluruh masyarakat agar terlibat dalam rangka membangun komitmen bersama perang melawan narkoba. Mari kita bersihkan narkoba dari kehidupan, jadikan hidup lebih manfaat, sehat dan berarti,” tandasnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini