Bersama Ribuan Pecinta Alam, Bupati Mirna Ikut Tanam Pohon di Gunung Ungaran

Bupati Kendal dr Mirna Annisa bersama forkompimda ikut berbaur bersama ribuan pecinta lingkungan melakukan tanam pohon di kawasan pegunungan Ungaran melalui Promasan, Minggu (10/2/2019). (foto dy/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Ribuan pecinta alam yang tergabung dalam Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon Gunung Ungaran kembali melakukan penghijauan di kawasan Pegunungan Ungaran, Minggu (10/2/2019). 

Bupati Kendal dr Mirna Annisa bersama forkompimda ikut berbaur bersama ribuan pecinta lingkungan melakukan tanam pohon di kawasan pegunungan Ungaran melalui Promasan, Minggu (10/2/2019).

Penanaman pohon yang dilakukan sekitar 1.200 peserta dari berbagai daerah itu dimulai dari Promasan menuju area kawasan pegunungan Ungaran. Hadir juga Bupati dr Mirna Annisa beserta Forkompimda Kendal. 

Mereka yang terbagi menjadi beberapa kelompok secara serentak menanam berbagai jenis pohon di titik yang sudah ditentukan. Mulai anak muda, orang tua dan anak-anak, bahkan kaum difabel, seperti tunanetra dan tunadaksa. Serta anggota TNI, Polri, BPBD, dan lainnya.

Nurul Mahrudin, Ketua pelaksana kegiatan mengatakan, penghijauan di kawasan pegunungan Ungaran ini merupakan kali kelimanya. Adapun yang ditanam antara lain tanaman keras, seperti kemiri, daun salam, beringin dan sebagainya. 

Tujuannya untuk mencegah longsor dan membuat penyerapan cadangan air. “Kami masih melakukan penghijauan di sini, sebab masih banyak area yang harus ditanami pohon,” ujarnya disela-sela penanaman pohon.

Salah satu aktivis peduli lingkungan, Mast Noer mengungkapkan, jumlah peserta kali ini lebih banyak dibandingkan kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 lalu jumlah peserta sekitar 800 orang. 

“Sedangkan tahun 2019 ini peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai 1.250 orang. Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 3.000 pohon,” imbuh pria yang suka mendaki gunung ini.

Sementara itu, Bupati dr Mirna Annisa berharap kegiatan seperti ini agar terus dilakukan, paling tidak menjadi agenda rutin minimal setahun sekali. 

“Kegiatan ini sangat positif sekali. Melalui aksi tanam pohon sebagai bentuk kepedulian masyarakat ikut menjaga kelestarian alam,” katanya. 

Menurutnya, kawasan pegunungan Ungaran adalah daerah resapan yang menjaga ketersediaan kebutuhan air bagi beberapa daerah. 

“Diantaranya wilayah Kendal, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Harapannya semakin banyak yang peduli, untuk bersama-sama menjaga alam lingkungan,” tandasnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here