Berkah Ramadhan, Pedagang Kuliner Jelang Waktu Buka di Sekitar Masjid Kauman Laris Manis

Aneka snack tersaji dijual dan cocok untuk berbuka puasa

SIGIJATENG.ID, Semarang – Bagi pencari menu berbuka puasa, Mungkin Masjid Kauman bisa menjadi salah satu jujugannya. Dimana di kawasan depan masjid ikon milik Kota Semarang tersebut, tersaji berbagai menu kamanan yang bisa menggugah selera berbuka puasa.

Salah satunya adalah menu petis bumbon telor bebek dan cincau hijau di salah satu stan makanan di sana yang diberi nama warung Jangkung. Tak hanya itu, ada menu lain seperti nasi koyor, opor, dan gudeg yang bisa menjadi referensi untuk berbuka.

Yoga Aditya Ika Mahardika, pemilik warung Jangkung mengatakan, pemberian nama Jangkung bukan tanpa alasan. Yakni, selain menarik minat pembeli, diharapkan juga menjadi doa agar rejekinya ikut jangkung alias tinggi. Yoga merintis usaha warung jangkung sejak tahun 2008 dan berpindah-pindah tempat, menyesuaikan bila ada jadwal bazar.

“Omzet yang di dapat pada bulan Ramadan tahun ini, menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu per hari bisa mencapai 1 sampai 2 juta, sekarang hanya bisa mendapat setengahnya sampai 70%,” ujarnya, Rabu, (22/5/2019).

Berbeda halnya dengan Bu Khori, salah satu penjual aneka snack dan es tersebut mengaku, penjualan snack dan esnya bisa dibilangnya lumayan. Dia mengaku bisa menjual snack hingga 100an lebih dan omset esnya, dia bisa menjual hingga 150an bungkus es.

“Kami jual aneka snack, ada lemper, arem-arem, nogosari, dadar gulung, kue bolu, telur gukung isi. Es nya ada es campur, es kolak pisang, es kolak labu,” imbuhnya.

Sementara itu, Yuni, penjual kurma mengaku omzet kurmanya juga mengalami peningkatan dari hari biasa-biasanya. Kurma jenis Golden merupakan jenis kurma yang banyak diminati pembeli ketimbang jenis lainnya.

“Satu kilo jenis golden, kami jual Rp 60 ribu. Alhamdulillah lumayan dari hari biasanya. Kalau jenis lain laku tapi tidak selaku jenis Golden ini,” tukasnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here