Begini Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijjah

Begini Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijjah

SIGIJATENG.ID – Bulan Dzulhijjah menjadi salah satu bulan yang istimewa. Sehingga dianjurkan untuk memperbanyak melakukan berbagai amalan di bulan tersebut, terutama puasa.

Ada beragam jenis puasa yang bisa dilakukan selama Bulan Dzulhijjah, mulai dari puasa sunnah 1 hingga 7 Dzulhijjah, puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) hingga Arafah (9 Dzulhiija). Bila digabung, total ada 9 hari puasa yang dianjurkan dilakukan di awal puasa. Namun jika tidak mampu, setidak-tidaknya melakukan puasa tanggal 8 dan 9 atau 9 saja.

Sigijateng.id melansir dari Islami.co, Jumat (2/8/2019), Ibnu Abbas pernah menjelaskan bahwa hari-hari di sepuluh pertama Bulan Dzulhijjah merupakan hari penuh makna. Sebab, ada berbagai peristiwa besar yang berhubungan dengan perubahan kehidupan manusia selanjutnya.

Tak hanya itu, puasa sunnah selama 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah juga memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah dilipatgandakannya kebaikan dan diampuni dosa-dosa yang telah lalu.

Untuk puasa Dzulhijjah mulai tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah sudah bisa dilakukan pada hari ini, Jumat (2/8/2019). Berikut niat puasa sunnah tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah.

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala“.

Artinya: Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

Untuk puasa Tarwiyah bisa dilakukan pada 8 Dzulhijjah atau bertepatan pada Jumat 9 Agustus 2019. Berikut niat puasa Tarwiyah.

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.

Adapun untuk puasa Arafah dapat dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau jatuh pada hari Sabtu 10 Agustus 2019. Berikut niat puasa Arafah.

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala“.

Artinya: Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

(sumber islami.co, editor Rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here