Beberapa Penyebab Doa Belum Dikabulkan Allah SWT, Lihat Yuk

Ilustrasi

SIGIJATENG.ID, Setiap orang dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Doa sekaligus sebagai bentuk kerendahan hati dan pernyataan bahwa tidak ada kuasa melainkan kuasa Allah SWT dan manusia butuh kepada AllahSWT.  Doa juga termasuk salah satu ibadah kepada Allah.

Namun perlu diketahui, tidak semua permintaan hamba dikabulkan Allah SWT. Karena bisa jadi permintaan tersebut tidak sesuai dengan kehendak Allah.

Merujuk pendapat beberapa ulama, Syeikh Abdul Qadir dalam Ghunyatul Thalibin menyebut beberapa hal penyebab tidak dikabulkan doa. Di antaranya, ada yang mengatakan, doa memiliki adab dan syarat, orang yang memenuhi adab dan syarat tersebut kemungkinan besar doanya akan dikabulkan, tapi bagi yang tidak memenuhi syarat dan adab doa kemungkinan besar doanya tidak dikabulkan.

Ibrahim bin Adham pernah ditanya terkait kenapa doa tidak dikabulkan? Beliau menjelaskan, di antara penyebab tidak dikabulkan doa adalah tidak mengikuti sunnah Rasul, padahal kita tahu bahwa sunnah Rasul harus diikuti; tidak mengamalkan al-Qur’an; tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan; tidak mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan Tuhan; tidak mempersiapkan bekal untuk kematian; melupakan aib sendiri dan sibuk dengan aib orang lain.

Kalau doa kita belum dikabulkan, terus berusahalan dan berdoa kepada Allah. Mungkin Allah punya rencana terbaik untuk kita. Bisa jadi saat ini belum dikabulkan, mana tahu esok atau tahun depan Allah punya rencana lain untuk kita.

Lalu, perbanyaklah intropeksi diri. Bisa jadi –dan sangat mungkin— kita pernah melakukan beberapa hal yang disebutkan Ibrahim bin Adham di atas, sehingga doa kita belum dikabulkan Allah SWT. (islamico/jon akbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here