Baznas Jateng Dipuji dan Jadi Percontohan Nasional, Inilah Keunggulannya

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam acara Rapat Kerja Baznas Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 di Hotel Noormans Jalan Teuku Umar Semarang Jumat (25/1/2019). ( foto : sigijateng.id )

SIGIJATENG.ID, Semarang – Kiprah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah diakui oleh berbagai pihak. Baznas mendapat pujian dan bahkan dijadian percontohan nasional.

Hal tersebut diungkap Ketua Baznas Republik Indonesia, Prof, Bambang Sudibyo saat membuka Rapat Kerja Baznas Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 di Semarang, Jumat (25/1/2019).

Ketua Baznas RI Bambang Sudibyo mengatakan kinerja Baznas Jawa Tengah sangat bagus, bisa menjadi contoh kepada Baznas Provinsi lain di Indonesia.

“Baznas Jateng bisa seperti ini, karena adanya dukungan penuh dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,” kata Bambang Sudibyo.

Dukungan penuh dari Ganjar lanjut Bambang sangat luar biasa. Sehingga setiap tahun, penerimaan zakat di Jateng terus meningkat.

“Hal itu tentu saja dapat semakin membuat Baznas semakin berdaya dan optimal dalam program pengentasan kemiskinan,” terangnya.

Atas hal itu, pada Maret nanti Baznas akan menggelar acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Solo. Acara yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu juga akan menghadirkan Ganjar Pranowo sebagai pembicara dan akan dihadiri seluruh Gubernur di Indonesia.

“Saya harap Pak Ganjar dapat hadir dan mempresentasikan kebangkitan zakat di Jawa Tengah. Saya berharap ini nanti akan dapat menginspirasi daerah lain untuk memaksimalkan potensi zakat di daerah masing-masing sebagai upaya pengentasan kemiskinan di indonesia,” pungkasnya.

Rapat Kerja Baznas Se-Jateng digelar di Hotel Noormans Jalan Teuku Umar, Semarang, Jumat (25/1/2019). Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hadir dalam acara itu dan sekaligus memberikan sambutan. Hadir pula Pengurus Baznas Jateng, Ketua Baznas Kabupaten/Kota se-Jateng, Kepala Kanwil Kemenag, Kepala Kantor Kementerian Agama se-Jateng dan lain-lain.

Asal tahu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terus mendorong optimalisasi Baznas di Jawa Tengah. Bahkan, dirinya menggerakkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng untuk giat membayar zakat dari gaji yang diterima.

Gerakan itu juga ditularkan Ganjar ke 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Saat awal-awal digulirkan, program zakat bagi ASN di lingkungan Pemprov Jateng ini hanya mampu menghasilkan Rp600 juta perbulan. Namun saat ini, perbulan lebih dari Rp2,5 miliar zakat terkumpul dari ASN di lingkungan Pemprov Jateng tersebut. (Aris/Rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here