Bawaslu Kota Semarang Gelar Apel Siaga Siap Kawal Pemilu

Apel Siaga Bawaslu Kota Semarang di halaman Kantor Walikota Semarang Jalan Pemuda Semarang, Jumat (12/4/2019).

SIGIJATENG.ID, Semarang – Bawaslu Kota Semarang melakukan Apel Siaga pengawasan Pemilu 2019 di depan pelataran Kantor Walikota Semarang, Jumat (12/4/2019).

Ketua Bawaslu Kota Semarang Muhammad Amin,S.Ap, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab.

“Pemilu kali ini merupakan pengalaman baru bagi kita, dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan di Indonesia, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan dipilih secara serentak,” ujarnya.

Aspek keserentakan dari pemilu kali ini, menjadi ujian besar bagi Bawaslu Kota Semarang sebagai Lembaga pengawas pemilu yang telah mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat.

“Bawaslu kota Semarang telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu, termasuk menyiapkan penyelenggaraan pengawasan masa tenang, hari pungut hitung dan rekapitulasi serta kesiapan penanganan pelanggaran dan potensi sengketa proses pemilu,” imbuhnya.

Indeks Kerawanan Pemilu 2019 yang memuat hasil penilaian terhadap potensi pelanggaran dan kerawanan, menurutnya akan menjadi instrument dalam memproyeksikan langkah-langkah antisipatif terhadap praktik politik uang, propaganda isu SARA, Berita tidak benar serta ujaran kebencian serta potensi-potensi pelanggaran lainnya.

Adapun apel dihadiri oleh Seluruh jajaran Pengawas Kecamatan, Pengawas Kelurahan dan Pengawas TPS serta unsur TNI/Polri se Kota Semarang. (dian) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here