Baru, DPMPTSP Batang Layani Pembuatan Pasport dengan Mudah

Bupati H Wihaji bersama Dandim 0736 Batang di wakili Kasdim Mayor Inf Raji, Kapolres Batang AKBP Edi Surata Sinulingga, Wabup Suyono, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Propinsi Jateng Dewa Putu Gede, potong pita Launching layanan penerbitan passport di DPMPTSP Batang, Senin (18/2/2019).

SIGIJATENG.ID, – Batang – Bagi masyarakat Kabupaten Batang yang hendak membuat dokumen pribadi untuk internasional berupa pasport kini tak perlu repot lagi harus ke luar daerah. Sebab, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batang kini membuka layanan penerbitan pasport.

Dengan mudah, pemohon tinggal mendaftarkan diri datang langsung ke kantor DPMPTSP Batang Jl.Urip Sumoharjo Sambong Batang di jam dan hari kerja. Hal itu disampaikan Kepala DPMPTSP Batang saat launching layanan penerbitan dokumen perjalanan RI, Senin (18/2/2019).

Kepala DPMPTSP Batang, Sri purwaningsih SH mengatakan layanan masyarakat untuk penerbitan dokumen perjalanan itu setelah Pemkab Kabupaten Batang dan DPRD Batang mengikat perjanjian kerjasama dengan Kantor Imigrasi kelas 2 Pemalang.

“Tak hanya melayani dokumen itu saja, tapi DPMPTSP juga melayani rekomendasi pendidikan formal dan non formal tenaga kesehatan dan izin kesehatan, izin usaha, izin lingkungan UKL UPL dan SPPL, rekomendasi KPK dan dokumen CPNS serta pelayanan atau kartu kuning,” katanya.

Disampaikan, pelayanan penerbitan dokumen perjalanan Republik Indonesia (pasport) dalam rangka meningkatkan pelayanan publik menuju tata kelola pemerintah yang baik.

“Respon cepat dari pemerintah daerah terkait tuntutan dan kebutuhan masyarakat terutama dalam hal pelayanan publik sangat diperlukan,” terang Sri Purwaningsih.

KA kanwil Kemenkum dan HAM Jawa Tengah, Dewa Putu Gede menerangkan penerbitan paspor di Jawa Tengah tahun 2017 dan tahun 2018 meningkat dari 247.433 menjadi 226.958 atau meningkat sekitar 10,7% bagi peningkatan yang luar biasa dari tahun ketahun tentunya.

“Kantor Imigrasi kelas 2 Semarang ini menunjukkan bahwa penduduk Jawa Tengah sangat luar biasa. Semoga perjalanan kegiatan dalam hal pelayanan terhadap masyarakat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan dengan dibukanya pelayanan pengurusan pasport di Batang tentu lebih memudahkan lagi bagi masyarakat yang akan mengurus pembuatan dokumen perjalanan RI, jadi tidak perlu repot ke luar daerah.

“Hari ini adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu. Sebab, hal ini termasuk bagian dari pemerintah daerah dalam melaksanakan kewajiban memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara baik, efektif dan efisien. Masyarakat jadi lebih mudah dan cepat membuat dokumen pasport tanpa keluar daerah,” tandasnya. (dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here