Bak Militer, Usai Digembleng Selama Dua Pekan 36 Siswa Taruna SMK Bina Utama Ikuti Prosesi Pembaretan

Sebanyak 36 siswa siswi SMK Bina Utama Kendal usai digembleng tentang kedisiplinan dan wawasan kebangsaan serta pembentukan karakter oleh TNI di Gunung Ungaran, dilakukan pelantikan serta prosesi pembaretan, Selasa (17/12). 


SIGIJATENG.ID
, KENDAL 
– Selama dua pekan, sebanyak 36 siswa siswi SMK Bina Utama Kendal digembleng tentang kedisiplinan dan wawasan kebangsaan serta pembentukan karakter oleh TNI di Puncak Gunung Ungaran, kini tiba saatnya momen mengharukan dengan dilakukannya pelantikan serta prosesi pembaretan, Selasa (17/12). 

Bak pendidikan militer, ke 36 siswa siswi yang telah berhasil mengikuti pendidikan karakter seusai digembleng melepaskan topi lalu disiram air bunga oleh Kepala SMK Bina Utama Kendal. Sedangkan prosesi pembaretan dilakukan oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0715 Kendal, di halaman sekolahan. 

Bukti keberhasilan atas gemblengan pendidikan karakter dan latihan taruna yang telah dilaksanakan dengan baik tersebut, mereka tunjukkan langsung dihadapan para guru dan orang tua masing-masing di halaman sekolah setempat. 

Kepala SMK Bina Utama Kendal, Susandari mengatakan pembentukan karakter dan pelatihan mental terhadap siswa siswi SMK Bina Utama Kendal ini atas kerjasama dengan anggota TNI Kodim 0715 Kendal yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir. 

“Gemblengan pendidikan karakter dan mental ini merupakan angkatan ke III siswa siswi taruna SMK Bina Utama kendal. Yang mana kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam kurun waktu selama dua pekan yakni di puncak Gunung Ungaran,” katanya.

Diungkapkan, sebagai bukti atas keberhasilan selama mengikuti pendidikan karakter dan mental siswa. Sebanyak 36 siswa siswi taruna SMK Bina Utama Kendal unjuk kebolehan di depan orang tuanya langsung dengan baris berbaris, kedisiplinan serta kemandirian yang menjadi materi utama. 
“Pelatihan taruna ini sebagai bentuk upaya kami untuk menumbuhkan kedisplinan dan melatih kemandirian serta membentuk karakter siswa agar mampu bersaing setelah menyelesaikan pendidikan di SMK Bina Utama,” ungkapnya.

Layaknya anggota TNI, dengan mengenakan seragam dan atribut lengkap siswa unjuk kebolehan baris berbaris dan mahir membentuk berbagai formasi menarik lainnya. Setiap tahun, rencananya pelatihan seperti ini akan terus di laksanakan. 
“Harapannya, siswa siswi SMK Bina Utama Kendal yang sudah mengikuti kegiatan pelatihan taruna ini bisa menularkan ke siswa lainnya agar memiliki kedisiplinan dan mental karakter yang kuat,” harapnya.

Salah satu siswa taruna SMK Bina Utama Kendal, Teger R Lambang mengaku senang dan bangga bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut. Sebab bisa melatih kedisplinan, kemandirian serta rasa tanggungjawab. “Sangat senang sekali, melalui pelatihan ini termasuk ikut membanggakan orangtua. Selain itu, hasil yang sudah dilakukan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini