Antisipasi Macet Saat Mudik, Polda Terjunkan 22.000 Personil

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmadja, dalam acara Prime topik, Rabu (15/5/2019).

SIGIJATENG.ID, Semarang – Dalam pengamanan dan pengawalan arus mudik 2019 ini, sebanyak 22.000 personel diterjunkan Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng). Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmadja, dalam acara Prime topik, Rabu (15/5/2019).

“Selain menerjunkan personil, Polda Jateng sejauh ini telah melakukan berbagai persiapan, terutama mewaspadai sejumlah titik rawan keamanan dan kemacetan yang ada di Jateng dalam Mudik 2019 kali ini,” ujarnya.
Sejumlah titik pada pintu keluar tol dan sejumlah titik area yang ada pasar tumpah yang biasanya akan memakan badan jalan dan berpotensi memacetan akan menjadi perhatiannya. 

“Baik jalur pantura, tengah dan selatan, ini biasanya didominasi dengan pasar tumpah, pasti akan mempersempit jalan, ada yang dipakai parkir. Yang kita lakukan akan pasang barir, jangan sampai menganggu ruas jalannya,” ucapnya.

Ditambahkan, pihaknya menghimbau pemudik agar mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan perjalanan mudik. Terlebih perjalanan mudik yang panjang, serta selalu waspada menjaga keamanan dan keselamatannya.

Agus menambahkan, untuk mengantisipasi penumpukan pemudik di rest area yang disediakan, pihaknya berencana akan menggunakan load speaker untuk memberikan informasi dan pemberitahuan kepada pemudik yang dinilai sudah terlalu lama di rest area.

“Rest area menjadi favorit untuk istirahat. Dampak pasti ada penumpukan karena ada yang tidur lama dan sebagainya. Nantinya salah satu masukan dari kami, agar rest area disediakan load speker untuk memberitahukan kepada pemudik. Di rest area juga kami beri pengamanan yang memantau rest area,” imbuhnya.

Untuk pemudik yang menggunakan motor, bisa memaksimalkan cek poin yang sudah dipersiapkan pihak kepolisian. “Untuk pemudik motor ada cek poin yang bisa digunakan untuk beristirahat, Shalat dan lainnya. Sebagai contoh yang ada di kantor Mako Brimob di Pekalongan dan Banyumas. Jadi masyarakat bisa menggunakan itu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satrio Hidayat menambahkan, untuk mengatisipasi kemacetan saat Mudik 2019 ini, Dishub Jateng juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pemantauan di beberapa exit tol. Seperti di exit tol Ngemplak, Solo, Ngasem, Boyolali, Weleri, dan Kaliwungu. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here