Antisipasi Macet, Jelang Lebaran Dishub Siapkan Area Parkir Truk

Dishub Kota Semarang bekerjasama dengan PT Indo Permata Usahatama (IPU) meresmikan tempat parkir khusus untuk angkutan barang, Senin (13/5/2019)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Untuk membersihkan angkutan barang yang kerap parkir di pinggir jalur Ranggawarsita hingga pelabuhan yang kerap menjadi biang kemacetan, Dishub Kota Semarang bekerjasama dengan PT Indo Permata Usahatama (IPU) meresmikan tempat parkir khusus untuk angkutan barang, Senin, (13/5/2019).

Adapun tempat parkir angkutan barang tersebut terletak di kawasan Baruna di Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang. Lahan yang mencapai lima hektare dan mampu menampung sebanyak 500 truk tersebut juga sebagai antisipasi melonjaknya jumlah angkutan barang jelang Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Mukhammad Khadik mengatakan dengan penyediaan area parkir ini harapannya akses jalan dari arah Selatan, Barat dan Timur menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas Semarang bisa steril dari parkir liar truk tronton. Area sekitar pun akan menjadi lebih rapi dan indah dipandang.

“Sebenarnya Pemkot Semarang sudah membangun lahan parkir angkutan barang sejak 2018 lalu tepatnya di bekas Terminal Terboyo. Tapi, lahan parkir belum bisa digunakan karena baru rampung akhir 2019 mendatang,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Tanjung Emas, Supriyono mengapresiasi Pemkot Semarang dan menyambut baik adanya lahan parkir yang sudah dibangun tersebut. “Kami sebenarnya sudah lama menginginkan adanya lahan parkir, agar para supir tidak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan,” tuturnya.

Setelah adanya parkir truk tersebut pihaknya akan mensosialisasikan kepada tiap anggota Aptrindo untuk menempati lahan yang sudah tersedia dan tidak parkir di pinggir jalan.

Sementara itu, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Khusus Pelabuhan Tanjung Mas, Slamet Usman menambahkan, adanya fasilitas untuk area parkir di sekitar pelabuhan tersebut diakui sangat bermanfaat.

Diakui, selama ini truk terpaksa parkir di pinggir jalan lantaran memang tidak adanya area untuk parkir di Pelabuhan. ‘’Kalau di Semarang tidak difasilitasi Pelindo karena memang tidak ada lahan. Truk terpaksa banyak yang parkir di sepanjang jalan di sekitar Pelabuhan, seperti di Jalan Usman Janatin, Jalan Ronggowarsito, Mpu Tantular serta sepanjang Jalan Alteri Yos Sudarso sampai Kalibanteng. Jadi, kami berterimakasih dengan disediakannya fasilitas parkir ini,’’ tukasnya. (dian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini