Angkutan Bus BRT Trans Jateng Bantu Hemat Biaya Masyarakat, Ini Komentar Mereka

Gubernur Ganjar Pranowo dan Bupati dr Mirna Annisa bersama masyarakat baik pelajar maupun warga biasa mencoba menikmati layanan baru angkutan bus tranjateng dengan rute Terminal Mangkang Semarang – Terminal Bahurekso, Senin (28/10).

SIGIJATENG.ID, KENDAL – Layanan moda angkutan umum berupa BRT Bus Trans Jateng dengan rute terminal Mangkang Semarang – Terminal Bahurekso Kendal yang baru saja di luncurkan Gubernur Ganjar Pranowo di dampingi Bupati dr Mirna Annisa M.Si mendapat apreasiasi dari berbagai kalangan masyarakat.

Jumari (56) salah satunya, warga Desa Lanji Kecamatan Patebon ini mengaku senang dan gembira dengan adanya transportasi baru berupa Bus Trans Jateng. “Sangat senang sekali, bisa berkesempatan menikmati layanan angkutan umum yang nyaman, sejuk dan aman,” ucapnya, yang berkesempatan bisa naik bus Trans Jateng bersama Gubernur Ganjar dan Bupati Mirna saat itu.

Bagi dia bisa menaiki angkutan umum Bus Trans Jateng ini merupakan pengalaman yang baru kali pertamanya. Tak hanya memudahkan masyarakat, disisi lain biaya yang dikeluarkan juga berbeda dengan angkutan lainnya. “Bagaimana tidak? Hanya dengan uang Rp 4.000 saja sudah bisa naik bus yang adem (ber AC-Red) serta bebas polusi,” tuturnya.

Senada dikatakan salah satu pelajar SMK Negeri 1 Kendal ini, Arum Sekar Maharani (16) mengatakan angkutan umum bus Trans Jateng bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Tak sedikit, masyarakat yang melakukan aktifitas menggunakan kendaraan sepeda motor. “Tapi dengan bus transjateng, kepadatan lalin berkurang dan sebaliknya menjadi lancar,” ucapnya.

Dikatakan, kendaraan umum bus Trans Jateng selain nyaman, aman dan bebas polusi juga bisa menekan dan menghemat biaya uang saku. ”Kalau untuk pelajar seperti saya hanya membayar Rp 2.000 saja. Jelas sangat menghemat biaya uang saku, sehingga sisanya bisa untuk ditabung,” ujarnya.

Bupati dr Mirna Annisa sangat berharap keberadaan bus Trans Jateng yang baru ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat kabupaten Kendal khususnya. “Tak sedikit masyarakat Kendal yang melakukan aktifitas ke kota besar di Semarang, sehingga dengan angkutan bus Trans Jateng masyarakat akan sangat terbantu,” terang dia.

Dengan adanya layanan rute baru bus tranjateng itu, dirinya juga sangat berharap kepada pemerintah provinsi untuk bisa dikembangkan di daerah atas terutama di wilayah pegunungan. “Semoga tahun berikutnya, bisa dikembangkan rute yang baru. Sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Kendal akan bisa menikmati layanan angkutan yang murah, nyaman dan aman ini,” harap Bupati Mirna Annisa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat mengatakan jika jauh sebelum diluncurkannya rute baru ini telah dilakukan orientasi dan uji kelayakan. Selain itu, dari pemerintah daerah juga mengajukan usulan untuk mendorong terlaksananya kebijakan pemerintah pusat terkait layanan jasa transportasi bagi masyarakat.

“Sebelumnya kita lakukan uji kelayakan terlebih dahulu yang membutuhkan waktu cukup lama, hingga akhirnya layanan transportasi ini bisa terlaksana. Selain itu, ini juga merupakan program pemerintah dalam rangka mengintegrasikan antar daerah yang satu dengan daerah lainnya,” tandas Satriyo. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here