Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah; Berdiri Tahun 1975, Usung Tagline ‘Rumah Sehat Keluarga Islami’

SIGIJATENG.ID, Semarang – Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah adalah salah satu rumah sakit di Kota Semarang Jawa Tengah Indonesia. Tepatanya berada di Jalan Wonodri No 22 Kota Semarang Jawa Tengah.  Saat ini, Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah masuk kelompok tipe C dan sedang preses naik ke tipe B.  Rumah sakit ini berdiri pada tanggal 27 Agustus 1975 ( 19 Syaban 1395 H ) dengan No/Tgl. Akte : J.A.5/160/4 tanggal 8 September 1971.

Letak Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah bersebelahan dengan gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah serta gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang. Rumah sakit yang memiliki tagline ‘Rumah Sehat Keluarga Islami’ ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan pelayanan kesehatan yang memadai.

Lokasinya berada di pusat kota Semarang yang berdekatan dengan UNDIP dan Politeknik Ilmu Pelayaran. Juga tidak jauh dari Simpang Lima Semarang dan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Mapolda Jateng, dan Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Mudah dijangkau dari berbagai penjuru.

Nama ROEMANI berasal dari nama pemrakarsa berdirinya Rumah Sakit yaitu H. Achmad Roemani. Dia seorang pengusaha yang berasal dari keluarga Nahdliyin yang mewakafkan sebagian hartanya untuk membangun sarana kesehatan milik PKU Muhammadiyah Semarang. Dia mewakafkan bangunan diatas tanah seluas 13.000 meter persegi.

Kisah hidup H. Achmad Roemani kemudian dimuat dalam Buku “Sejarah dan Perkembangan Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Kota Semarang” yang diterbitkan PD Muhammadiyah

Layanan Unggulan RS Roemani

ESWL: Alat canggih dengan teknologi tinggi yang dapat menghancurkan batu ginjal dan batu saluran kemih dengan gelombang kejut tanpa melakukan operasi.

FASILITAS KAMAR: Kamar dengan berbagai kelas, Kelas 1, Kelas 2 Kelas 3, Kelas VIP, Kelas Marjan, Kelas Safir hingga Kelas Zamrud.

NAMA GEDUNG : Adapun nama gedung yang ada di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah yakni Ayyub, Sulaiman, Ismail, Adam, Ibrahim, Yusuf

KLINIK KECANTIKAN SYAR’I.

KLINIK SPESIALIS: Spesialis Urologi, Bedah Tulang, Bedah Saraf, Bedah Plastik, Spesialis Bedah Anak, Bedah Digesif, Bedah Thorax dan Kardio Vaskuler, Bedah Tumor, Bedah Umum, Konsultan Tropikal Infeksi, Konsultan Kardio Vaskuler, Konsultan Ginjal Dan Hipertensi, Penyakit Dalam, Spesialis Paru, Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Alergi Anak, Konsultan Saraf Anak, Anak, Konservasi Gigi, Ortodontis Gigi, Konsultan Gigi Anak, Bedah Mulut, Spesialis Mata, Spesialis Jiwa, Rehabilitas Medik, Kulit dan Kelamin, Kecantikan Syar’i, Patologi Klinik, Patologi Anatomi, Radiologi, Saraf.

LAPAROSCOPY: Tindakan bedah menggunakan teknik minimal invasive dimana dokter akan membuat dua atau tiga lubang kecil ( berdiameter 5-10 milimeter ) pada dinding perut pasien.

Jam Besuk / Jam Berkunjung RS Roemani

Pagi: Jam 11.00 – 12.00 WIB

Sore: Jam 17.00 – 19.00

PRESATASI

Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah pernah mendapatkan bantuan dari Presiden RI berupa bangsal perawatan bagi penderita kurang mampu, dari Departemen Kesehatan berupa Mobil Ambulance, Peralatan Bedah, Laboratorium dan Peralatan Rontgen. Bantuan dari para dermawan Kota Semarang, diantaranya H. Ibrahim Djamhuri, SH mewakafkan gedung dan perlengkapan berkapasitas 8 ( delapan ) tempat tidur ( sekarang menjadi Gedung Sulaiman A.S. ) dan Keluarga H. Hetami mewakafkan gedung untuk Ruang Intensif, Ruang Operasi, Ruang Rontgen dan Ruang Pertemuan.

Prestasi yang pernah diraih Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah diantaranya :

  1. Pada tahun 1990 menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI berupa Pataka Nugraha Karya Husada sebagai Rumah Sakit Umum Swasta Kelas C Berpenampilan Terbaik Pertama Dalam Segi Manajemen Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan.

2.  Pada tanggal 7 Desember 1998, Memperoleh Sertifikat Akreditasi 5 Bidang Pelayanan dari Departemen Kesehatan RI.

3.  Pada Bulan Januari 2003, Memperoleh Sertifikat Akreditasi Penuh 12 Bidang Pelayanan dari Departemen Kesehatan RI.

4.  Pada Bulan Januari 2012, Memperoleh Sertifikat Akreditasi 16 Bidang Pelayanan dari Kementrian Kesehatan RI.

5. Pada Bulan Nopember 2008, Memperoleh Sertifikat Juara 3 Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Kota Semarang.

6.  Penghargaan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah atas Dukungan Pengamanan Kesehatan pada HUT RI ke – 66 pada tahun 2011 dengan Upacara yang diadakan tanggal 13 – 17 Agustus 2011

7.  Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI DirJen Pajak KanWil Jateng atas Kontribusi Dalam Pembiayaan Negara melalui Pembayaran Pajak tahun 2010 untuk Menjalin Pembangunan Bangsa

VISI, MISI DAN MOTTO

VISI
Visi Rumah Sakit adalah terwujudnya Rumah Sakit terkemuka berkualitas global dengan pelayanan prima yang dijiwai nilai-nilai islam, didukung oleh pendidikan dan aplikasi teknologi mutakhir.

MISI
Melakukan pengelolaan Rumah Sakit yang profesional berlandasakan nilai-nilai Islami
Meningkatkan dan mengembangkan kualitas kepribadian dan profesionalisme sumber daya manusia Rumah Sakit
Melakukan kerjasama dalam kerangka pengembangan Rumah Sakit umum dan pendidikan

MOTTO
Rumah Sehat Keluarga Islami

Alamat Kontak dan Nomor Telepon

Rumah Sakit ROEMANI MUHAMMADIYAH Semarang
Rumah Sehat Keluarga Islam
Alamat Jl Wonodri No 22 Semarang Jawa Tengah.

Telepon : 024-8444623 ( Hunting ) ; 024-8444625 (hunting) ; 024-8444626 (hunting) . Fax : 024-8415752. Email : rs_roemani@yahoo.co.id. Website: http://rsroemani.com. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here