Ajari Kepekaan Lingkungan, DLH Kendal Gelar Lomba Menggambar

Sekitar 50 siswa-siswi SD/MI se kabupaten Kendal mengikuti lomba menggambar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 di Taman Gajah Mada, Kamis (18/7/2019). ( foto istimewa)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Sekitar 50 siswa-siswi SD/MI se kabupaten Kendal mengikuti lomba menggambar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal bertempat di Taman Gajah Mada, Kamis (18/7/2019).

Salah peserta, Deswita Putri Kusumayani (8) siswi kelas III SDN 3 Boja ini menggambar dua orang perempuan kakak beradik yang tengah sibuk dengan akfititasnya. Satu orang membersihkan sampah dan satu lagi menyiram tanaman. “Sangat senang bisa ikut lomba menggambar. Saya menggambar ini karena memiliki arti bersih sampahku, hijau lingkunganku. Ada yang membersihkan sampah dan ada juga yang menyiram tanaman,” ujar siswi imut dan berparas cantik sembari menggoreskan crayonnya ini.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Ir. Sri Purwanti, M.Si. mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Juni 2019 lalu. “Baru dilaksanakan sekarang, karena ini adalah waktu yang tepat untuk anak-anak yang baru masuk sekolah usai menjalani libur panjang kemarin. Sehingga anak-anak atau peserta lomba menggambar masih fresh menuangkan ide-ide yang digoreskan dengan crayon ke media kertas,” katanya.

Dalam lomba menggambar tersebut, lanjut Sri Purwanti, setidaknya ada empat tema gambar yang dilombakan tentang lingkungan, yaitu Kabupaten Kendalku Bersih dan Hijau, Bersih Sampahku Hijau Lingkunganku, Selamatkan Bumi dengan Hemat Energi Listrik, Air dan Bahan Bakar Fosil, dan Pengelolaan Sampah di Lingkunganku. 

“Anak-anak yang mengikuti lomba ini bebas memilih dari tema yang sudah ditentukan. Mereka semua terlihat antusias dan bersemangat mengikuti lomba ini. Ide pemikiran mereka dengan mudah dituangkan dengan cepat sesuai tema yang diminati,” terang dia.

Ia menjelaskan, tujuan diadakannya lomba tersebut yakni untuk menumbuhkembangkan kepekaan sejak dini terhadap lingkungan sekitar. Seperti masalah hemat listrik, hemat air, pengelolaan sampah dan menjaga lingkungan yang tetap asri. 

“Kegiatan ini juga menjadi ruang atau wadah generasi muda khususnya peserta didik SD untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif dalam mengembangkan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan,” jelasnya.

Melalui lomba menggambar, Sri Pruwanti menambahkan kegiatan ini sekaligus untuk mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik berbasis budaya bangsa, menumbuh kembangkan daya kreativitas dan memotivasi peserta didik melalui kegiatan sesuai minat bakat dan kemampuan yang dimiliki.

“Nantinya pemenang lomba mendapat piala dan uang pembianaan. Juara I sebesar Rp. 1.500.000, juara II Rp. 1.300.000, juara III Rp. 1.100.000, juara harapan I Rp. 900.000, juara harapan II Rp. 700.000 dan juara harapan III mendapat Rp. 500.000. Lalu bagi siswa-siswi yang tidak juara tetap akan mendapatkan hadiah dari panitia,” pungkasnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here