900 Calon Kafilah Qur’ani Bakal Bertanding di Ajang MTQ Pelajar di Kendal

Bupati dr Mirna Annisa M.SI didampingi Pimpinan Ponpes DA Sukorejo KH Mas’ud Abdul Qadir serta sejumlah Forkompimda Kabupaten Kendal secara simbolis memukul Gong sebagai tanda dibukanya pelaksanaan MTQ Pelajar ke 34 dan MTQ Umum ke 28 tingkat Kabupaten Kendal tahun 2019, Selasa (3/9/2019). ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Ratusan santri maupun siswa-siswi dan umum se Kabupaten Kendal bakal bersaing dan perpacu prestasi dalam mengikuti berbagai cabang lomba di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) pelajar ke 34 dan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat umum ke 28 tahun 2019 selama tiga hari berturut-turut.

Pembukaan MTQ Pelajar ke 34 dan MTQ Umum ke 28 secara resmi dibuka oleh Bupati dr Mirna Annisa M.SI didampingi forkompimda Kabupaten Kendal yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo, Selasa (3/9/2019).

Bupati Mirna mengatakan MTQ merupakan kegiatan yang telah melekat dan menjadi kultur ditengah-tengah kehidupan masyarakat dan bangsa. Kehadiran MTQ diharapkan senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. “MTQ secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong kuat dalam memacu pembangunan daerah. Selain itu menjadi penyejuk dan perekat kebersamaan di masyarakat khususnya bagi para pelajar,” katanya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini bisa menggali potensi, minat dan bakat menuju generasi muda Kendal yang Qur’ani, unggul, cerdas, agamis dan berakhlakul karimah. Serta menghasilkan kafilah-kafilah yang terbaik di Kabupaten Kendal untuk bisa ikut serta di ajang MTQ tingkat berikutnya.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Kendal, Winarno menyampaikan jika pelaksanaan MTQ pelajar ke 34 dan MTQ Umum ke 28 ini diikuti sebanyak 400 orang dari pelajar dan 500 orang dari Umum. Secara keseluruhan total mencapai 900 orang. Mereka akan mengikuti berbagai kegiatan lomba yang akan digelar di Kompleks Islamic Center Kendal.

“Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 5 September 2019. Sebanyak 900 peserta MTQ tahun 2019 ini akan berpacu dan meraih prestasi dalam ajang ini sebagai sarana mempererat tali silaturahim dan meningkatkan ukhuwah islamiyah,” terangnya.

Sedangkan, Pimpinan Ponpes Darul Amanah Ngadiwaro Sukorejo KH. Mas’ud Abdu Qadir sebagai tuan rumah dijadikannya tempat pembukaan MTQ Pelajar dan Umum tahun 2019 mengaku senang dan bangga. Menurutnya, kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu para santri/pelajar maupun umum se Kabupaten Kendal sebagai ajang memacu prestasi baca tulis Al Qur’an serta merekatkan umat islam.

“Sangat senang dan bangga. Kegiatan ini sangat baik sebagai wadah dan sarana para santri/pelajar maupun masyarakat umum dalam meningkatkan pengetahuan tentang kita suci Al-Qur’an dan meningkatkan ukhuwah islamiyah ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Kami berharap, ditahun berikutnya bisa dilakukan kembali lebih meriah,” tuturnya.

Sementara itu, KH Gus Muwaffiq asal Yogyakarta yang berkesempatan hadir dalam pembukaan MTQ Pelajar dan Umum tingkat Kabupaten Kendal tahun 2019 ini banyak memberikan muhasabah mengenai arti dan makna kitab suci Al Qur’an bagi kehidupan. “Kitab suci Al Qur’an adalah kitab terakhir diantara kitab-kitab sebelumnya seperti Taurad, Zabur, Injil. Sebagai pedoman kehidupan umat. Al Qur’an diwariskan kepada Nabi Muhammad SAW untuk bisa membawa kemaslahatan didunia dan akherat kelak, terlebih bagi pengikutNYA hingga di Yaumul Akhir. Mari bersama-sama lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT agar di akhir zaman kelak mendapat ridho, syafaat dan ampunanNYA,” pintanya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here