Inilah 9 Tempat Menarik untuk Ngabuburit di Semarang

SIGIJATENG, Semarang – Kamu bosen kan menunggu waktu berbuka hanya berdiam diri di rumah? Menjelang waktu berbuka memang cocok terutama bagi kawula muda untuk pergi ngabuburit. Selain mencoba suasana yang berbeda, ngabuburit juga menjadi ajang untuk berkumpul bertemu teman, saudara, bahkan keluarga.

Bagi yang ingin tahu beberapa tempat yang asyik buat ngabuburit di Semarang, silakan simak ulasan berikut ini.

1. SIMPANG LIMA

Bagi yang pernah ke Semarang, pasti tau Simpang lima. Berada di pusat kota, tempat ini menjadi tempat favorit untuk ngabuburit warga Semarang. Banyak yang bisa kamu lakukan di sana, mulai bersepeda, main skateboard, jogging, atau sekedar ngobrol dengan teman sambil menikmati indahnya sore hari.

Bagi pecinta kuliner, banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan khas Semarangan yang bisa dicoba untuk berbuka. Selain itu, akses ke Masjid juga dekat, karena terdapat Masjid Raya Baiturrahman Semarang bisa kamu gunakan untuk shalat Maghrib.

2. GOA KREO

Goa Kreo adalah sebuah pulau berbentuk bukit kecil yang dikelilingi waduk Jatibarang. Pulau ini dihuni oleh kawanan monyet. Saat bulan Ramadhan seperti ini, banyak orang yang mengunjungi tempat ini untuk bersantai sambil menunggu waktunya berbuka puasa. Kamu bisa duduk menikmati pesona air waduk jatibarang sambil memberi makan monyet-monyet dengan kacang yang bisa kamu dapatkan di pedagang sekitar.

3. MASJID KAPAL

Masjid Kapal atau Masjid ‘Bahtera Nuh’ di Ngaliyan Semarang menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan terutama saat Ramadhan. Selain bentuknya yang unik, lokasinya juga dibilang menarik, karena masjid ini dikelilingi hutan dan lahan persawahan yang luas.

Pengunjung selain menggunakannya sebagai tempat ibadah shalat juga menjadi sarana berkumpul sambil mengabadikannya dalam foto. Bagi kamu yang ingin ke sini, tak perlu merogoh kocek yang dalam karena tiket masuknya sangat terjangkau.

4. MASJID AGUNG JAWA TENGAH

Masjid Agung Jawa Tengah menjadi salah satu tempat iconic di Semarang. Saat Ramadhan seperti ini, banyak sekali muda-mudi yang datang ke masjid ini untuk ngabuburit. Wisatawan yang datang juga suka berfoto dengan latar masjid yang indah ini.

Di sini, kamu bisa menikmati kemegahan Masjid Agung yang arsitekturnya memadukan gaya khas Jawa dan Arab. Jika ingin menikmati indahnya kota Semarang dari ketinggian, kamu bisa naik ke menara masjid yang tingginya 99 meter. Bagaimana, asyik kan?

5. KOTA LAMA

Kota Lama di Semarang juga bisa menjadi pilihan asyik untuk ngabuburit. Di sini banyak bangunan tua yang berarsitektur khas Eropa. Mengunjungi Kota lama sama seperti berkunjung ke Belanda. Tidak berlebihan jika Kota lama disebut dengan “Little Netherland”.

Pengunjung biasanya memanfaatkan untuk berswa foto dengan latar belakang bangunan-bangunan tua yang kental dengan nuansa classic itu. Bagi yang mau sekalian berbuka, banyak kafe dan restoran yang bisa kamu kunjungi di sana.

6. PANTAI MARINA

Ngabuburit di pantai Marina Semarang bisa jadi salah satu alternatif jika kamu bosan dengan suasana di tengah kota yang ramai dan padat dengan kendaraan. Kamu bisa duduk dan bercengkrama dengan teman di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan matahari terbenam yang indah.

Bagi yang suka memancing, cukup bawa alatnya dari rumah, karena tak jarang pula yang memanfaatkan ngabuburit sambil memancing ikan. Jika ingin sekalian menyantap buka di sini, usahakan membawa makanan sendiri dari rumah. Karena, di sini tidak banyak yang berjualan makanan yang dijajakan.

7. TAMAN TABANAS GOMBEL

Jika kamu mau ngabuburit di tempat ketinggian nan sejuk, kamu bisa kunjungi Taman Tabanas Gombel. Jaraknya sekitar 8 km dari Tugu Muda Semarang, tepatnya di jalan Setyabudi Semarang. Memandang kota semarang sambil menunggu matahari terbenam akan memanjakan mata kamu bersama teman maupun keluarga. Selain itu, menjelang petang kamu juga akan menyaksikan lampu-lampu kota yang akan satu persatu menyala. Indah bukan?

8. PURI MAEROKOCO

Destinasi satu ini terletak di jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Seperti layaknya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, kawasan Puri Maerokoco ini juga berisi rumah-rumah adat, atau disebut juga anjungan. Bedanya, Puri Maerokoco hanya berisi rumah-rumah adat dari berbagai provinsi di Jawa Tengah.

Selain rumah adat, tempat ini juga dilengkapi fasilitas hiburan lain, seperti bianglala, kolam pemancingan, dan pasar apung. Kamu juga bisa mencoba naik perahu sambil menikmati indahnya sungai yang dikelilingi hutan bakau. Asik deh.

9. MALL

Untuk kamu yang senang berbelanja atau sekadar senang menghabiskan waktu di mall, ada banyak pilihan alternatif mall yang bisa kamu kunjungi. Seperti Citraland, Javamall, Paragon, dan lain sebagainya.

Biasanya mall di Semarang dilengkapi dengan berbagai fasilitas macam tempat makan, seperti kafe dan foodcourt. Jadi kamu tinggal pilih tempat makan mana yang kamu suka untuk berbuka puasa. Selain itu mall juga dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah jadi kamu tak perlu keluar mall jika ingin sekalian shalat Maghrib. [Taufiq]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here