7 Hal yang Menjadi Kebiasaan Orang Indonesia Menjelang Lebaran

SIGIJATENG.ID, Semarang – Tidak terasa bulan Ramadhan hampir usai. Umat muslim menantikan datangnya hari raya Idul Fitri untuk merayakannya bersama keluarga. Menjelang lebaran seperti ini, tentunya banyak yang dilakukan dan menjadi kebiasaan orang Indonesia. Apa aja kebiasaan orang Indonesia menjelang Lebaran? Berikut beberapa diantaranya

1. Mudik

Mudik sudah menjadi tradisi yang paling dekat dengan masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Bagi orang-orang yang sedang belajar ataupun bekerja di daerah jauh dari tempat tinggal, berkumpul di hari lebaran adalah sebuah keharusan. Karena pada kesempatan ini mereka bisa bersilaturahmi dan saling memaafkan dengan sanak saudara di waktu yang sama. Saking fenomenalnya, aktifitas mudik ini selalu menjadi topik pembahasan yang selalu diberitakan di layar televisi menjelang hari raya di Indonesia.

2. Membeli pakaian baru

Mendekati lebaran seperti saat ini, kamu pasti sering melihat pusat perbelanjaan dipadati oleh pembeli. Masyarakat beramai-ramai pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru, sandal baru, sepatu baru, mukena baru, toples baru dan sebagainya. Hal ini mungkin sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia yang erat kaitannya dengan keyakinan masyarakat jika Idulfitri berarti kembalinya umat Islam kepada kondisi fitri atau suci. Meskipun kembalinya jiwa yang baru tidak harus dengan memakai pakaian serba baru, yang penting bersih.

3. Membersihkan dan memperindah rumah

Coba perhatikan tetanggamu saat moment menjelang lebaran saat ini, biasanya mereka akan terlihat sangat sibuk membersihkan rumah masing-masing. Membersihkan halaman, mengecat pagar, mengecat tembok, membersihkan sarang laba-laba, mengelap kaca, memasang gorden jendela baru, dan memotong rumput halaman, seperti sudah menjadi ritual yang tak boleh ditinggalkan. Hal ini dilakukan sebagai persiapan menyambut para tamu yang akan berkunjung ke rumah pada hari raya nanti. 

4. Membuat beragam jenis kue

Kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel dan sejenisnya merupakan primadona lebaran yang selalu sering ada di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Tak heran, saat bertamu ke rumah saudara ataupun tetangga, kita pasti selalu menemukan kue kering ini bersama kue-kue lain tertata apik dalam toples-toples di meja. Meskipun kamu sering dapat rengginang dalam toples roti sih.

5. Menukar uang baru untuk dibagi-bagi

Sering melihat orang mengatre di bank untuk menukar uang baru menjrlang lebaran kan? Mereka mengantre untuk menukar uang pecahan baru yang biasanya bernominal lima ribuan, sepuluh ribuan, dua puluh ribuan dan lima puluh ribuan. Pemandangan ini khas ditemukan menjelang lebaran karena biasanya uang itu nanti digunakan untuk diberi kepada keponakan dan saudara, khususnya anak-anak yang bersilaturahmi ke rumah mereka. 

6. Memberi atau mendapat THR

Tunjangan Hari Raya (THR) sudah menjadi salah satu tunjangan yang harus diberikan kepada karyawan oleh mayoritas perusahaan di Indonesia. Menjelang hari raya topik mengenai TRH pasti ramai diperbincangkan. Terlebih bagi orang-orang dengan status karyawan. Gimana? Tahun ini kamu dapat THR berapa?

7. Ziarah ke makam

Meski tidak semua umat islam di Indonesia melakukan ritual ini karena perbedaan keyakinan, namun kebiasaan menziarahi makam sanak saudara yang telah meninggal ini masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan atas keinginan mereka mendoakan orang tua khususnya, dan anggota keluarga lain yang telah tiada di hari penuh barokah di bulan ramadhan. Menziarahi makam merupakan cara terbaik untuk mengingat bahwa semua manusia pasti akan mati nantinya. (Taufiq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini