6 Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Raperda APBD Perubahan 2019 Kendal

Enam fraksi di DPRD Kendal menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Tentang Perubahan APBD Kendal Tahun Anggaran 2019 yang digelar dalam rapat paripurna, Selasa (17/9/2019).(Foto : Dok. Humas Setwan Kendal)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Setidaknya enam fraksi di DPRD Kendal menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Tentang Perubahan APBD Kendal Tahun Anggaran 2019 yang digelar dalam rapat paripurna, Selasa (17/9).

Pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kendal sementara Muhammad Makmun S.Hi tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, serta anggota DPRD Kendal periode 2019-2024, dan eksekutif Pemkab Kendal.

Ke Enam fraksi DPRD Kendal yang menyampaikan pandangan umum tersebut diantaranya, Fraksi PKB, Fraksi PDI P, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Fraksi Gerindra), Fraksi  PPP, Fraksi Amanat Demokrat Sejahtera (Fraksi ADS), dan Fraksi Karya Nasional.

Dalam pandangan umumnya, Fraksi PKB yang dibacakan Mahfud Sodiq pihaknya menyampaikan apresiasi positif dan ucapan terima kasih serta perhargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Kendal yang telah menyusun dan menyajikan perubahan APBD Kabupaten Kendal tahun Anggaran 2019 pada tanggal 6 September 2019.

“Fraksi PKB berharap adanya peningkatan pembangunan yang merata di seluruh kecamatan dan desa, baik itu Kendal pantura maupun Kendal atas sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan terwujud,” katanya.

Sedangkan, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Fraksi Gerindra)melalui H M Sarif Hidayatullah menyampaikan pada prinsip menerima penyusunan RAPBD tahun 2019.
Namun pihaknya berharap agar bisa diwujudkan prioritas kegiatan pembangunan daerah yang ingin dicapai secara merata dan optimal bagi kesejahteraan masyarakat.

“Terkait dengan pembangunan inrastruktur, sampai saat ini sejauh mana progres pembangunannya di Kabupaten Kendal, Fraksi Gerindra meminta laporannya,” jelasnya.

Selanjutnya, dari Fraksi PPP melalui H Abu Suyudi pihaknya meminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bekerja keras dan bergerak cepat cermat dan tepat dalam pelaksanaan program dan kegiatan sehingga target-target terpenuhi serta serapan anggaran bisa dimaksimalkan.

Lalu dari Fraksi PDIP melalui Wiwit Widayati, menyampaikan ada poin yang tak kalah pentingnya, bahwa arah kebijakan Kabupaten Kendal tahun 2019 yakni terciptanya “Kendal Mandiri”.

“Mlalui ekonomi kerakyatan dan penurunan kemiskinan dengan memperhatikan peningkatan kualitas pelayanan daerah dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran,”katanya.

Hal senada dengan Fraksi PDIP, dari Fraksi Karya Nasional melalui Siswoyo menyampaikan pihaknya  berharap agar kebijakan tersebut dilaksanakan dengan kesungguhan dan semangat pemerintah daerah.

“OPD dalam penganggaran harus memperhatikan aturan yang berlaku sehingga tidak bertentangan dengan hukum,” harapnya.

Secara keseluruhan, penyampaian pandangan-pandangan fraksi terhadap RAPBD tentang Perubahan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2019 tersebut nantinya akan dijawab pihak eksekutif pada rapat paripurna berikutnya pada 18 September 2019 ini. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here