36 PNS Eselon III Siap Bertarung Perebutkan Enam Posisi Jabatan OPD

Para PNS di lingkungan Pemkab Sragen. (Foto Santo/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Sragen – Sebanyak 36 pejabat esselon III bertarung untuk mengisi posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Sragen.

Menyusul kekosongan enam jabatan eselon II yang akan dilelang. Jabatan yang masih belum terisi, diantaranya Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Linmas (Kesbangpolinmas).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Tatag Prabawanto menyampaikan mereka harus mengikuti seleksi sebagai calon pejabat eselon II. Puluhan pejabat tersebut telah menjalani tes administrasi. Lantas mereka mengikuti seleksi jabatan eselon II untuk enam kepala dinas di Pemkab Sragen.

”Sekarang ini telah memasuki tahapan psikotest. Sejumlah 36 pejabat eselon III akan menjalani tes psikologi pada Senin ini,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen ini, Selasa (27/8/2019).

Dia menegaskan sebelumnya puluhan pejabat tersebut telah mengikuti tes administrasi.  Dia menjelaskan setiap satu jabatan eselon II yang kosong minimal ada 6 pejabat yang memperebutkan. Setelah dilakukan seleksi administrasi dan diranking, masing-masing dinas diambil enam peserta dengan ranking tertinggi.

Tatag menjabarkan dari 36 nama yang lolos itu, nantinya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni tes kemampuan psikologi. Setelah mereka lolos akan berlanjut ke tahapan berikutnya, yakni pejabat harus membuat peper atau gagasan yang kemudian dipaparkan di hadapan panitia seleksi.

Paparan ide ini menjadi salah satu komponen penting pejabat tersebut layak menduduki jabatan eselon II. “Yang lolos administrasi ada 6 orang kali 6 dinas, jadinya total 36 nama yang lolos administrasi. Kami ranking dan diambil tiap formasi, enam peringkat tertinggi,” paparnya.

Sementara itu, dia menyampaikan dalam seleksi jabatan tinggi Pratama ini menggandeng Pansel pihak ketiga. Pihak ketiga yang digandeng adalah dari Quantum. Selain itu juga menggandeng pihak akademisi.

Pihaknya memastikan sebelum 22 September nanti udah bisa didapat nama-nama calon pejabat eselon II terpilih. Dengan terisinya jabatan, kinerja dinas terkait dapat berjalan maksimal. Saat ini Dinas yang belum terisi masih diampu oleh Plt. (santo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini