29 Pejabat Baru Dilantik Gubernur, Inilah Tanggapan Ferry Firmawan

Dr H Ferry Firmawan, ST, MT, anggota Komisi B DPRD Jateng

SIGIJATENG.ID, Semarang – Anggota Komisi B DPRD Jateng Dr H Ferry Firmawan, ST, MT mengingatkan kepada 29 pejabat eselon II yang dilantik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk  mengisi dan rotasi posisi kepala biro, kepala dinas hingga asisten gubernur, Jumat malam (25/1/2019) di Wisma Perdamaian Semarang agar segera beradaptasi dan langsung tancap gas bergerak menjalankan tugasnya guna visi dan missi Gubernur Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin.

“Harapan saya bisa langsung tancap gas. Itupula yang diinginkan gubernur. Mereka hanya diberi waktu dua hari membuat rancangan-rancangan kerja maupun inovasi,” kata Ferry Firmawan.

Menurut Ferry, jangan sampai mereka berjalan sendiri-sendiri tanpa memperhatikan visi dan missi gubernur. Mereka harus bersinergi dengan gubernur dan wakil geburnur dalam melaksanakan pembangunan di Jawa Tengah sesuai dengan RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang ada. Ini adalah periode kedua bagi Ganjar Pranowo memimpin Jawa Tengah dan tentu focus utama  RPJMD kali ini berbeda dengan periode kemarin.

“Jangan sampai one man show. Hindari ego sektoral. Karena memang pada dasarnya  tugas mereka adalah membantu gubernur dan wakil gubernur,” ucap Ferry Firmawan.

Lebih dari itu, kata anggota Fraksi Partai Demokrat ini, mereka juga harus bisa menjadi ‘jembatan penghubung’ antara eksekutif dan legilatif atau wakil rakyat, yakni harus bisa mengkomparasikan antara antara visi dan missi gebubernur dengan isu-isu strategis yang disampaikan kalangan dewan yang didapat dari masyarakat, agar semua bisa terakomodir dan terkaver dengan anggaran yang ada dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai dasar menentukan dan pengalokasian anggaran itu setidaknya bersumber dari tiga hal, yakni hasil musrembang, masukan yang diterima anggota dewan.  Dan ini adalah tugas para pejabat eselon II ini agar bisa semua terakomodir,” katanya.

Ditanya soal penempatan para pejabat itu, Ferry Firmawan menyatakan itu adalah kewenang mutlak gubernur dan wakil gubernur. “Saya kira gubernur dan wakil gubernur lebih tahu soal ini. Mungkin adalah yang terbaik saat ini,” ucapnya diplomatis.

Seperti diketahui, pada jumat malam (25/1/2019) Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik 29 pejabat dari eselon II di lingkungan Pemprov Jateng untuk mengisi dan rotasi kepala biro, kepala dinas hingga asisten gubernur, Jumat malam (25/1/2019) di Wisma Perdamaian Semarang.  Semua pejebat yang dilantik hadir dengan istri dan suaminya masing-masing. Dalam dua hari mereka diberi kesempatan untuk merancang program, dan selanjutnya hari Senin (29/1) mereka akan diberi arahan oleh gubernur.

Adapun 29 pejabat eselon II yang dilantik itu adalah :

  1. Sarwa Pramana, Asisten Pemerintahan
  2. Peni Rahayu, Asisten Ekbang
  3. Heru Setiadhie, Asisten Administrasi 
  4. Muh Masrofi, Kabiro Pemerintahan Otda dan Kerjasama 
  5. Indra Surya, Kabiro Perekonomian
  6. Dadang Soemantri, Kabiro Infrastruktur dan SDA
  7. Yuni Astuti, Kabiro Administrasi Pengadaan Jasa
  8. Ihwan Sudrajat, Kabiro Organisasi
  9. Dyah Lukisari, Kabiro Administrasi Pembangunan Daerah
  10. Urip Sihabudin, Sekretaris DPRD
  11. Sudaryanto, Kepala BPBD 
  12. Prasetyo Aribowo, Kepala Bappeda
  13. M Arif Erwanto Ka Badan Pengembangan Sumber Daya Daerah
  14. Tavip Supriyanto, Kepala DPPAD
  15. Hendri Santosa, Inspektorat
  16. Budhiyanto Eko Purwono, Ka Satpol PP
  17. Budhi Wibowo, Kadinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
  18. Sudjarwanto, Kadinas ESDM
  19. Sinung Nugroho, Kadinsospora
  20. Rina Retnaningrum, Kadinas Kominfo
  21. Suryo Banendro, Kadinas Pertanian
  22. Agus Suharyanto, Kadinas Ketahanan Pangan
  23. Lalu M Syafriadi, Kadinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
  24. Teguh Dwi Paryono, Kadinas LHK
  25. Sugeng Riyanto, Ka Bapermasdes
  26. Priyo Anggoro Kadinas Kearsipan
  27. Teguh Wynarno Haroeno, Staf Ahli Bid Ekonomi Keuangan dan Pembangunan
  28. Suko Mardiono, Staf Ahli Bid Pemerintahan Hukum dan Politik
  29. Budi Santoso, Staf Ahli Bid Kemasyarakatan dan SDM. (Aris/Rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here