25 Ribu Mangrove dan Seribu Cemara Laut Ditanam di Pantai Kartika Jaya Kendal

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal Mirna Annisa saat menanam pohon mangrove di Pantai Kartika Jaya Kendal, Kamis (11/4/2019)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Masyarakat Patebon Kabupaten Kendal gotong royong memperbaiki kawasan hutan mangrove di kawasan Pantai Kartika Jaya, Kamis (11/5/2019). Turut serta Gubernur Jateng yang juga sebagai Keluarga Alumni Universitas Gajahmada (Kagama) Ganjar Pranowo, bupati Kendal dr Mirna Annisa, anggota TNI Polri, Pramuka serta sejumlah relawan. Ketua Kagama Jateng Suryo Banendro. Mereka menanam 25 ribu pohon mangrove dan seribu cemara laut.

Ganjar Pranowo, Ketua Umum PP Kagama, sekaligus Gubernur Jawa Tengah menjelaskan penanaman mangrove dan cemara laut itu sebagai salah satu upaya reboisasi di kawasan pesisir pantai utara jawa yang diinisiasi oleh Kagama Jawa Tengah.

“Selain memperbaiki habitat di pantai, mangrove ini kan punya manfaat yang banyak. Makanya penanaman ini dilakukan masyarakat setempat, Kagama dan para relawan,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, nantinya akan jadi sumber pakan yang banyak bagi ikan dan berkembang biak. Manfaat lain selain untuk habitat ikan, Ganjar mengatakan di sejumlah tempat di Jawa Tengah industri batik juga telah menggunakan mangrove sebagai pewarna alami. Dan juga untuk pelaku usaha kecil menengah juga telah menggunakan mangrove sebagai bahan dasarnya.

“Hampir semua pewarna batik alami itu pakai mangrove, selain ramah lingkungan harganya juga sangat mahal. Juga bisa untuk sirup, kerupuk mangrove,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa berharap dengan perbaikan hutan mangrove di kawasan Pantai Kartika Jaya tersebut, selain menjadi gerakan cinta lingkungan juga bakal menjadi daya tarik wisata.

“Mungkin nanti bisa ada wisata track mangrove yang jadi daya pikat selain pantai Kartika Jaya. Dengan begitu akan menaikkan tingkat perekonomian masyarakat sekitar sini,” katanya. (dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini