120 Anggota DPRD Jateng Periode 2019-2024 Dilantik, Bambang Krebo dan Sukirman Pimpinan Sementara

Proses pelantikan 120 anggota DPRD Jateng periode 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Sri Sutatiek dalam Rapat Paripurna DPRD Jateng, Selasa (3/9/2019). ( foto sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Sebanyak 120 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng periode 2019-2024 resmi dilantik Selasa (3/9/2019) pagi dalam rapat paripurna DPRD Jateng di lantai 4 Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan ucapan selamat kepada para anggota dewan baru. ( foto sigijateng.id)

Rapat paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Jateng Dr. Rukma Setyabudi.  

Ketua DPRD Jateng Dr. Rukma Setyabudi mengucapkan apresiasinya kepada anggota dewan yang telah selesai masa baktinya. Ia berharap anggota dewan tersebut tetap berperan dalam pembangunan Jateng ke depannya.

“Terima kasih kepada Gubernur dan semua pihak, khususnya masyarakat Jateng, atas kerjasamanya selama ini,” kata Politikus PDI Perjuangan itu didamping keempat wakilnya yakni Sukirman, Ahmadi, Heri Pudyatmoko, dan Ferry Wawan Cahyono bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin.

Ketua DPRD Sementara Bambang ‘Krebo’ Kusriyanto saat menyampaikan sambutannya dalam Rapat Paripurna DPRD Jateng, Selasa (3/9/2019). ( foto sigijateng.id)

Adapun pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Jateng tersebut dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Sri Sutatiek dengan didampingi masing-masing pemuka agama. Setelah pembacaan sumpah/janji selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan.

Dengan adanya pengucapan sumpah/janji tersebut, maka keanggotaan DPRD Jateng periode 2014-2019 dinyatakan berakhir sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2019-2024 yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.


Jumlah kursi di DPRD Jateng mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya, yakni pada periode 2014-2019 tercatat 100 kursi, sedangkan pada periode 2019-2024 naik menjadi 120 kursi. 
Dari jumlah perolehan kursi DPRD Jateng itu, PDI Perjuangan mendominasi 42 kursi dari total 120 kursi.  Kemudian, PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Demokrat 5 kursi, dan Nasdem 3 kursi.

Sementara, Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabuddin mengatakan ada hal yang berbeda dari sisi prosesi pelantikan calon anggota DPRD Jateng dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya yakni adanya pidato sambutan pimpinan sementara dan sambutan Gubernur Jawa Tengah.


“Dulu pada prosesi pelantikan tidak ada sambutan pimpinan sementara, sedangkan sambutan Mendagri akan diganti sambutan Gubernur Jateng atau tidak lagi membacakan sambutan Mendagri,” katanya.

Dalam rapat itu, Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin mengumumkan pimpinan sementara DPRD. Sesuai aturan suara terbanyak pertama, Bambang Kusriyanto alias Bambang Krebo dari PDI Perjuangan dipilih sebagai Ketua DPRD sementara dan Sukirman dari PKB sebagai Wakil Ketua DPRD sementara.

Ketua DPRD sementara Bambang Kusriyanto dalam sambutannya mengatakan, dengan komposisi dewan yang baru yang lebih banyak, diharapkan kinerja dewan makin meningkat bagus. Disisi lain juga bisa terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak, utamanya jajaran eksekutif.

“Kami siap mendukung program gubernur demi kemajuan dan kesejahteraan warga JawaTengah. Kami berharap dukungan dari semua pihak untuk kelancarannya,” kata Bambang dalam sambutan perdananya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya mendorong agar semua anggota DPRD Jawa Tengah mengoptimalkan penggunaan media sosial. Hal itu penting agar apa yang dilakukan dapat diketahui publik dan pelayanan kepada publik semakin optimal.

“Saya sangat mendukung upaya mewujudkan parlemen modern. Karena disukai atau tidak, zaman kini telah berubah dan semua menunutut perubahan untuk mendisrupsi dirinya atau lembaga,” kata Ganjar Pranowo.

Sudah tidak zamannya lagi pengaduan atau usulan masyarakat disampaikan dengan cara konvensional. Pemanfaatan teknologi seperti pembuatan website khusus tentang DPRD dibutuhkan, agar masyarakat lebih mudah untuk ikut mengawasi dan memberikan masukan.

“Kalau boleh saya usul, Setwan DPRD Jateng membuat website khusus. Di dalamnya bisa ditampilkan daftar anggota DPRD dan dilengkapi dengan laporan kinerja, agar masyarakat bisa mudah terlibat,” ucapnya.

Atau kalau ingin lebih populer lanjut dia, masing-masing anggota DPRD Jateng harus membuat akun media sosial seperti youtube, instagram, twitter, facebook dan lain sebagainya.

“Dengan kanal-kanal itu, masyarakat dapat mudah berkomunikasi langsung menyampaikan masukan, saran dan harapan terhadap program-program perencanaan pembangunan di Jawa Tengah,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Jateng yang baru dilantik. Ganjar berharap, mereka yang baru dilantik itu dapat langsung bekerja dan membantu mewujudkan program-program pemerintah Provinsi Jateng.

Wakil Ketua DPRD sementara Sukirman didaulat menutu Rapat Paripurna tersebut.  Sukirman menyatakan, pimpinan sementara DPRD Jateng setidaknya memiliki  empat pekerjaan rumah, yang akan dilakukan, yakni menfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi, pembahasan tata tertib DPRD, mengantarkan adanya ketua definitive dan terbentuknya alat kelengkapan dewan (AKD seperti fraksi, badan kehorman dewan, badan anggaran dewan dan lain-lain. “Terima kasih atas kerjasamanya selama ini. Di harapan, kinerja DPRD Jateng mendatang bisa lebih baik lagi,” kata Sukirman.

Sebagai informasi, rapat paripurna dengan agenda pengambilan sumpah/ janji DPRD Jateng periode 2019-2024 itu dihadiri KPU, Bawaslu, para ketua partai, Forkompinda, Kepala Daerah, Mantan Ketua DPRD Jateng, keluarga DPRD terpilih, elemen masyarakat, dan media massa. Suasana rapat tersebut tampak khidmat dengan penjagaan ketat dari ratusan personil kepolisian. Acara diakhiri dengan penyampaian ucapan selamat dari para tamu kepada anggota dewan baru. Geburnur Jateng dan istri mendapat kesempatan pertama dilanjut Wagub Taj Yasin bersama istri. (Aris/ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini