10 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Anda Lebih Bahagia di Rumah

ilustrasi

xSIGIJATENG.ID, Semarang – Kondisi dan keadaan rumah bisa menentukan bahagia dan tidaknya penghuni rumah. Apa yang dilakukan di dalam rumah akan membentuk suasana hati, mempengaruhi produktivitas, dan mempengaruhi pandangan tentang kehidupan. Aktivitas di rumah bisa menunjang kesuksesan dan kebahagiaan di luar rumah.

Disiarkan di Aparthment Therapy dan dilaporkan di republika.co.id, studi ilmiah menunjukkan, dengan menyesuaikan kebiasaan kecil dan rutinitas kecil yang membentuk kehidupan sehari-hari memberikan dampak pada kebahagiaan. Kenyataannya, itu akan mengendalikan pandangan hidup.

Beberapa penyesuaian terhadap kebiasaan sehari-hari dapat memberikan perubahan positif yang bermakna. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk merasa lebih bahagia di rumah.

Membereskan tempat tidur

Ternyata banyak manfaat membereskan tempat tidur setiap hari. Penulis buku terlaris The Happiness Project, New York Times, Gretchen Rubin, menjelaskan membereskan tempat tidur adalah salah satu kebiasaan paling sederhana yang dapat dilakukan sekaligus secara positif mempengaruhi kebahagiaan Anda.

Buat kamar selalu rapi

Trik ini dari buku pintar Marilyn Paul. Faktanya, kekacauan atau sesuatu yang berantakan dapat menyebabkan stres. Lakukan ini secara rutin untuk meningkatkan suasana hati. Luangkan waktu sekitar tiga menit untuk membuat kamar kembali rapi sebelum Anda meninggalkannya. Kamar tidur yang nyaman dan bersih membantu tidur lebih berkualitas.

Pajang foto atau barang kenangan di rumah

Salah satu alasan mengapa pengalaman dan ingatan tentang pengalaman membuat kita lebih bahagia daripada hal-hal materi adalah karena seluruh siklus kenikmatan yang diberikan pengalaman, seperti merencanakan pengalaman, menantikan pengalaman, menikmati pengalaman, dan kemudian mengingat pengalaman. Jadikan rumah Anda galeri kenangan positif.

Mulai menulis catatan harian

Sebelum tidur, cukup catat satu kenangan indah dari hari itu. Refleksi adalah bagian penting dari kebahagiaan dan berhenti aktivitas sejenak untuk merenungkan peristiwa positif setiap hari dan memupuk rasa terima kasih. Jika Anda kesulitan memulai dengan menulis catatan harian, pertimbangkan membeli buku panduan Simple Abundance oleh Sarah Ban Breathnach.

Menikmati semua pekerjaan rumah

Tip ini berasal dari The Happiness Project. Contohnya, piring tidak akan membersihkan diri mereka sendiri, jadi Anda harus membersihkannya dan Anda akan menyukainya. Jika tidak, mulailah mencuci piring. Rasakan air hangat yang menenangkan di tangan Anda. Usahakanlah menikmati apa pun yang Anda kerjakan.

Penyesuaian kebiasaan sehari-hari dapat memberikan perubahan positif yang bermakna.

Membuat jadwal/rencana harian setiap pagi

Dalam The Art of Happiness, Dalai Lama menyarankan setiap hari untuk pikirkan ini ketika Anda bangun: ”hari ini saya beruntung masih hidup, saya memiliki kehidupan yang berharga, dan saya tidak akan menyia-nyiakannya.”

Menetapkan rencana harian akan membuat perubahan besar. Rencana harian Anda bisa berupa ingin lebih produktif atau menikmati momen hari ini. Bisa juga menjadi sesuatu yang lebih spesifik seperti ucapan terima kasih kepada orang yang dicintai.

Bantuan kecil untuk keluarga di rumah

Bantuan itu dapat seperti membereskan tempat tidur dan membuang sampah orang lain. Memupuk hubungan yang kuat dan sehat adalah salah satu hal yang memberi pengaruh terbesar bagi kesehatan dan kebahagiaan. Faktanya, ketika berbuat baik, Anda akan merasa baik.

Telepon anggota keluarga, minimal sehari sekali

Anda dapat melakukan ini saat Anda melakukan berbagai aktivitas. Teks dan email tidak masuk hitungan! Lakukan panggilan telepon yang sebenarnya ke orang yang dicintai untuk mengobrol. Kita manusia adalah makhluk sosial dan penelitian menunjukkan bahkan ketika tidak merasakannya dan tipikal orang tertutup, bersosialisasi dengan orang yang dicintai akan membuat diri merasa lebih baik.

Buat acara seru di rumah

Buatlah sesekali suatu acara seru dengan mengajak orang-orang datang dan menghibur. Rencanakan acara barbeque musim panas, undang teman-teman terdekat, dan bersantai bersama. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama.

Merenung beberapa menit sebelum tidur

Apa pun keyakinan Anda, penelitian menunjukkan menghubungkan ke kekuatan tinggi berkaitan dengan kebahagiaan. Perlu disadari kita adalah bagian dari alam semesta yang luar biasa. Sebelum tidur, habiskan beberapa menit untuk merenungkan sesuatu yang lebih besar dari diri Anda. Berjalan-jalanlah di alam. Tulis dalam jurnal. Anda juga perlu membuat ruang ibadah di rumah sebagai sumber ketenangan diri. (Wahyu/Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here