Generasi Muda Harus Meneladani Jiwa Pahlawan Bangsa

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pahlawan adalah orang yang berbuat baik pada sesama, rela berkorban dan bertanggung jawab. Pengertian itu masih relevan sampai sekarang ini. Terlebih bila dikaitkan dengan nilai sejarah bangsa.

“Kami harus terus berinovasi, agar generasi muda bisa mencintai dan mengenal pahlawan nasional kita,” kata Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi dalam Dialog Parlemen Memaknai Pahlawan Bangsa di Hotel Harris, Semarang.

Saat ini tidak mudah untuk terus mengenalkan tokoh-tokoh dan pahlawan Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan inovasi dan kreasi agar anak-anak muda bisa lebih tertarik. Misalnya dengan mengemas kisah pahlawan Indonesia yang dihubungkan dengan kondisi kekinian atau bisa melalui dunia perfilman.

“Saya kira banyak film menarik, seperti Soekarno atau Jenderal Soedirman. Ke depan, harus terus berinovasi agar anak-anak muda tetap mengenal pahlawan Indonesia yang sudah bertaruh nyawa dan berjuang untuk kemerdekaan NKRI,” tambahnya.

Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto mengaku pihaknya terus berinovasi agar anak-anak tetap mengenal pahlawan Indonesia. Salah satunya dengan sudah membuat Studio Kepahlawanan di Taman Makam Pahlawan. Pihaknya terus melakukan iovasi agar anak-anak muda bisa tetap menghargai dan mengenal sosok pahlawan nasional.

“Dan alhamdulillah, meski tidak besar bangunannya, tapi sudah banyak dikunjungi anak-anak sekolah. Ini salah satu upaya agar anak-anak tetap mengenal tokoh pahlawan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Guru Besar Undip Prof Dr Singgih Tri Sulistyono mengungkapkan untuk membumikan nilai nilai kepahlawanan sekarang ini, anak-anak perlu diberikan tanggung jawab, berbuat baik.

“Tidak perlu harus menjunjung senjata. Berbuatbaiklah pada lingkungan dan mengubah sesuatu untuk bermanfaat bagi sesama,” ungkap Singgih. (ADV/ZAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here